Wednesday, January 12, 2011

Si "Manusia Akar" 14 Kali Dioperasi

Dede, Si Manusia Akar
Dede Koswara (38), si 'Manusia Akar' Kembali menjalani operasi untuk ke 14 kalinya. Namun, Pada proses operasi Dede kali ini hanya mengangkat Kutil di kedua tangannya. Tim Dokter menilai operasi pasa tangan didahulukan karena jari-jari Dede sudah tidak bisa digunakan sebab satu sama lain tersambung oleh kutil yang membesar.


Operasi dilakukan pada bagian tangannya terlebih dahulu karena jari tangannya saling menmpel, kata Hardi Siswo, anggota tim dokter penanganan Dede Koswara dalam keterangan persnya di Rs Hasan Sadikin, Bandung, Rabu 12/1.

Selain mengangkat kutil pada bagian tangan, tim Dokter juga mengikis kutil yang ada pada bagian kepala dan badan Dede.

Operasi Dede Berjalan lancar meski alat yang digunakan saat operasi adalah pisau. Semula, alat yang akan digunakan adalah "Oscitilating shaw" atau gergaji. Alat itu batal digunakan Karena mengalami kerusakan pada bagian suplai gasnya.

"Gas tidak masuk kealat tersebut sehingga tidak berfungsi, Jadi kami mengakalinya menggunakan pisau. Operasi yang dilakukan lancar lancar saja meskipun kami menggunakan pisau untuk mengikis kutil Pak Dede," Kata Hardi.

Dede merupakan pasien kulit yang jarang ditemukan kerena menjalar banyak disekujur Tubuhnya sehingga di juluki"Manusia Akar". Dede Pertama kali menjalani operasi pengangkatan Kutil pada November 2007 di RS Hasan Sadikin Bandung.

Nama Dede kemudian terkenal di beberapa negara setelah Discovery Channel" melakukan liputan khusus dengan membawa Prof Dr. Anthony Gaspari dari Universitas Maryland AS. Wassalam (Newspaper)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...