Monday, September 6, 2010

Belalang Dan Kecoa Mampu Mengatasi Bakteri Virulen

Nottingham: Sepintas kecoak dan belalang adalah makhluk terabaikan dan juga menggelikan bagi sebagian orang. Ternyata, dua jenis serangga itu dapat membantu memerangi bakteri super Methicillin-Resistant Staphylococcus Aureus (MRSA) dan Escherichia coli (e.Coli). Sejumlah peneliti dari Universitas Nottingham, Inggris, Sabtu (4/9), mengumumkan kecoak dan belalang memiliki molekul antibiotik yang sangat kuat di otak mereka yang dapat digunakan untuk mengembangkan pengobatan guna melawan MRSA.

MRSA adalah salah satu tipe bakteri Staphylococcus yang ditemukan pada kulit dan hidung yang kebal terhadap antibiotik. Setiap tahunnya lebih dari 90.000 warga Amerika Serikat berpotensi terinfeksi bakteri ini. Jumlah kematian akibat infeksi bakteri MRSA lebih banyak dibandingkan dengan angka kematian akibat sindrom penurunan sistem kekebalan tubuh alias AIDS. Sejumlah ilmuwan di Universitas Nottingham menemukan bahwa terdapat sembilan molekul berbeda dalam jaringan tubuh kecoak dan belalang sehingga bisa membunuh lebih dari 90 persen bakteri MRSA tanpa memberikan efek negatif pada sel-sel manusia.

"Kami berharap bahwa molekul-molekul ini akhirnya dapat dikembangkan menjadi obat anti-MRSA," kata Simon Lee, salah satu peneliti Universitas Nottingham.Liputan6.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...